Rabu, 26 September 2012

Rencana Kerja

Rencana Kerja



Pengurus Koperasi Insan Mulia dalam menyusun program kerja tahun 2012, menetapkan kebijakan, arah, sasaran serta target yang ingin dicapai sebagai berikut :

Bidang Organisasi dan Manajemen
  • Meningkatkan jumlah anggota dari 35 orang menjadi 50 orang dalam 3 bulan
  • Meningkatkan pembinaan kepada anggota, melalui kunjungan,  konsultasi/penyuluhan dan pertemuan anggota dan pengurus.
  • Menyempurnakan SOP dan mengembangkan Sistem Informasi Tehnologi untuk mendukung pengadministrasian data yang lebih baik.
  • Meningkatkan dan menjaga citra baik Koperasi Insan Mulia.
  • Meningkatkan pembinaan dan pelatihan bagi pengurus.
  • Melengkapi sarana dan prasarana kerja sesuai dengan kebutuhan dan keuangan koperasi.
  • Meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan instansi pembina terkait dan koperasi, serta badan usaha lainnya.
  • Menambah jumlah karyawan sesuai dengan kebutuhan untuk pengembangan koperasi.
  • Meningkatkan kinerja pengurus agar dapat mencapai target yang sudah ditetapkan dengan hasil yang maksimal.
  • Membuat profil usaha koperasi dan menyebarluaskan berbagai informasi tentang fasilitas dan aktivitas koperasi
  • Menyelenggarakan RAT tahun buku 2012 selambat-lambatnya pada bulan Maret tahun 2013.

Bidang Usaha
  • Meningkatkan dan menambah jaringan usaha dengan membuka usaha baru.
  • Mengembangkan produk  baru pembiayaan, jasa pelayanan listrik dan perdagangan umum.
  • Meningkatkan kerjasama dengan Lembaga Keuangan, Pemerintah Daerah dan lembaga lainnya.
  • Meningkatkan kwalitas pengelolaan, agar dapat berjalan dengan baik, lancar, dan dapat memperkecil resiko.
  • Meningkatkan pelayanan pembiayaan.
  • Meningkatkan volume pengembalian angsuran/repayment.

Bidang Keuangan dan Permodalan
  • Menggiatkan simpanan sukarela dari anggota yang dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak.
  • Menginventarisir asset, piutang dan hutang koperasi
  • Menjaga, merawat asset koperasi
  • Mencari pinjaman dari Program Pemerintah, Bank, dan Lembaga Keuangan lainnya.
  • Meningkatkan pengelolaan keuangan agar terjaga dengan baik.
  • Menjaga tingkat Likuiditas agar tetap aman
  • Menyusun data-data perkembangan usaha untuk bahan evaluasi.
  • Menyusun laporan keuangan berupa Posisi Laporan Keuangan  dan SHU secara periodik bulanan, triwulan, semester, dan tahunan secara tepat waktu.

0 komentar:

Posting Komentar